Dengan segenap rasa syukur yang dipersembahkan kehadirat illahi rabbi Allah SWT. dan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi akhirul zaman Rasul Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam berserta keluarga, sahabat tabiit tabiin serta umatnya sampai akhir zaman.
Pendidikan luar sekolah dalam sejarahnya telah hadir sejak adanya manusia didunia, di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan yang telah memberikan landasan dasar dalam berkiprahnya melayani, membina dan telah hidup dan menyatu di dalam kehidupan setiap masyarakat jauh sebelum muncul dan memasyarakatnya pada sistem persekolahan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam menghadapi berbagai bidang kehidupan dari masa kemasa sampai saat ini bahkan masa yang akan datang.
Keyakinan yang begitu dalam pada landasan hukum dan konsep pendidikan yang berasaskan pendidikan seumur hidup dari para pendiri negeri ini, bahwa sebuah republik hanya dapat berhasil jika memiliki warga negara yang berpendidikan dan berkarakter baik tentang moral, maka seluruh warga negara mampu menjaga suatu bentuk pemerintahan yang bebas penindasan, kebodahan dan kezaliman.
Dalam pendidikan yang baik, sangat mudah memberikan sesuatu yang bersifat abstrak memang lebih mudah daripada mendidik sesuatu yang bersifat konkrit untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Maka saya harap buku ini dapat menjadi sumber dalam praktik pendidikan luar sekolah, dan saya telah mencoba untuk berupaya memberikan penjelasan sekonkrit mungkin.
Dari sepuluh bagian isi buku ini memaparkan sejarah, dasar, asas kerangka teori mengenai pendidikan luar sekolah, jenis dan macamnya, strategi, pendekatan manjemen dan evaluasi: dan mengapa pendidikan luar sekolah harus membangun karakter Bangsa, nilai-nilai pendidikan luar sekolah yang mungkin meligitimasi pengajaran dalam sebuah masyarakat yang demokratis, dan sederet karakter yang seharusnya di kembangkan dalam pengajaran nilai kehidupan atau kecakapan hidup. Tentang pelaksanaannya, yaitu bagaimana mengimplementasikan secara menyeluruh dan dalam mengilustrasikan masingmasing dari komponen pendidikan luar sekolah.
Link Download:
Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Mendidik Untuk Membangun Karakter Bangsa