Jika sebuah penelitian selalunya berangkat dari dua realitas yang saling berhadapan (bertentangan), yakni keadaan yang nyata (des sein) dan keadaan yang seharusnya/diharapkan (das sollen), maka kemunculan karya ini juga didorong oleh dua realitas yang hampir sama. Realitas pertama, sebagai salah satu dosen yang dipercayai membimbing mahasiswa belajar metodologi penelitian, penulis melihat adanya problem yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memahami metodologi penelitian itu, antara lain kemampuan mencari buku referensi, membaca dan memahaminya dengan baik. Artinya secara teoritis, banyak yang tidak mampu memahaminya, meskipun sebenarnya ada banyak buku metodologi penelitian yang tersedia di perpustakaan. Hal ini dapat dipahami karena kebanyakan buku metodologi yang ada memang ditulis dengan sangat teoritis. Sementara penelitian itu adalah pekerjaan praktis, yang mesti dilakukan oleh setiap mahasiswa minimal satu kali selama kuliah, yakni menulis skripsi. Realitas kedua, pengalaman dalam membimbing penelitian mahasiswa, menguji dan menilai banyak laporan penelitian, ada kesan jika penelitian itu adalah pekerjaan yang sangat sulit, rumit dan sangat berat. Sekedar membuat rencana (proposal) penelitian pun banyak yang mengalami masalah. Sementara pengalaman penulis, penelitian bukanlah pekerjaan yang teramat sulit. Penelitian adalah realitas dunia akademis dan melekat dalam keseharian insan-insan kampus. Penelitian itu layaknya kita merencanakan dan mencari menu makan setiap harinya. Apa yang ingin selalu penulis yakinkan kepada para mahasiswa di kelas metodologi penelitian adalah bahwa penelitian itu mudah, menulis rencana (proposal) penelitian itu gampang. Yang penting kuasai ilmunya, pahami teorinya, rencanakan praktek dan operasional dari metodologi penelitian itu, maka penelitian tidak lagi menjadi pekerjaan yang sulit. Dengan realitas inilah penulis ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman penelitian melalui buku metodologi penelitian ini, khususnya penelitian kualitatif.
Link Download: