Inspirasi Pendidikan untuk Pendidikan yang Inspiratif merupakan kumpulan tulisan seputar kegiatan belajar mengajar, aktivitas guru dan siswa, serta dukungan orang tua dan pemerintah dalam menumbuhkembangkan budaya belajar di sekolah.
Sebagian dari tulisan ini pernah diterbitkan di media massa, di Harian Borneo Tribune Pontianak antara periode 2011-2013. Tulisan tersebut kemudian ditambah dengan tulisan lain, lalu dijalin menjadi kumpulan tulisan yang komprehensif mengenai bagaimana menciptakan dan melaksanakan kegiatan belajar yang maksimal, prakondisi apa yang diperlukan, dan tentu saja diharapkan menyenangkan.
Tulisan-tulisan ini bertitik tolak dari pengalaman penulis ketika mengajar, saat bersama orang yang belajar dan sebagian lagi beranjak dari pemikiran dan renungan. Peristiwa-peristiwa khusus selama mengajar dicatatan dan kemudian ditulis, lalu dipersembahkan kepada pembaca dengan harapan memberikan inspirasi bagi para guru dan dosen, khususnya bagi orang yang membaca tulisan ini. Catatan kecil dari ruang belajar mungkin dapat dijadikan model, atau sebaliknya catatan ini dapat dijadikan renungan untuk merumuskan tindakan kelas yang lebih baik.
Tulisan-tulisan ini ini dipersembahkan kepada pembaca dalam beberapa bagian-bagian. Bagian 1 Prolog, berisi catatan seputar keadaan pendidikan, khususnya keadaan di dalam ruang belajar saat ini. Contoh-contoh kasus diharapkan menjadi titik tumpu untuk memahami mengapa tulisan ini layak dipersembahkan.
Bagian 2 tentang Pengajar. Pada bagian ini dibahas mengapa guru dan dosen sangat penting dalam kegiatan belajar; dan apa yang terjadi pada mereka saat ini, dan bagaimana mengatasinya. Bagian 3 tentang Sekolah. Di sini pembaca diajak untuk melihat keadaan sekolah dan lembaga pendidikan di sekitar kita, apa yang terjadi di sana dan bagaimana mengupayakan sekolah menjadi tempat belajar yang maksimal.
Bagian 4 tentang Kurikulum. Catatan-catatan yang ditampilkan pada bagian ini merupakan catatan reflektif tentang isi atau bahan pembelajaran yang diajarkan di sekolah. Kurikulum yang kerap berganti dan beban yang ditimbulkan juga dikupas pada bagian ini.
Bagian 5 tentang Pelajar. Pada bagian ini dibahas tentang tingkah laku pelajar di ruang belajar dan apa yang dilakukan mereka sehari-hari. Apa yang terjadi pada sebagian mereka sekarang ini? Mengapa mereka begitu dan bagaimana usaha untuk memaksimalkan potensi siswa juga akan dibahas di sini.
Bagian 6 tentang Orang Tua. Pada bagian ini ditunjukkan bagaimana sikap sebagian orang dalam mengusahakan pendidikan anak mereka. Dipaparkan juga bagaimana bantuan mereka dalam membangun sinergi pendidikan dengan pihak sekolah.
Bagian 7 tentang Belajar dari Sosok. Sejumlah ilmuan dan orang-orang yang dapat dijadikan inspirasi ditampilkan di sini. Bagian ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagaimana seorang guru bersikap, bagaimana seharusnya seorang pelajar menempatkan diri dan bagaimana seharusnya orang tua membangun sinergi.
Penulis menyadari, catatan-catatan yang disajikan di sini tidak semuanya dapat dipersembahkan dengan detail. Penulis juga menyadari terdapat kekurangan di sanasini dalam buku ini. Sehingga mungkin apa yang diharapkan tidak kesampaian, dan apa yang ingin diperoleh tidak didapatkan.
Link Download: