Isu-isu Strategis Pendidikan

Repository > Misdah > Isu-isu Strategis Pendidikan

Isu-isu Strategis Pendidikan _ 1Waktu berlalu. Sejarah berjalan. Banyak hal ditanggulangi oleh manusia secara cemerlang sehingga hidup menjadi lebih baik, dan lebih nyaman untuk ditinggali. Namun, banyak hal pula yang ternyata tidak pernah selesai tuntas, terus menjadi persoalan, senantiasa menjadi keprihatinan. Syukurlah, kita tidak pernah lelah untuk selalu peduli dan terus berusaha. Barangkali jauh dari lubuk hati kita semua memang ada kerinduan dan pengharapan bahwa segalanya dapat menjadi lebih baik. Dan pengharapan itu lebih kuat lagi ketika kita berpikir mengenai pendidikan.

Pada abad ini, pendidikan tetap menjadi pokok keprihatinan kita yang utama. Beberapa isu-isu pendidikan yang dikaji dalam buku penulis ini juga merupakan wujud keprihatinan terhadap masalah pendidikan yang berkembang pada bangsa ini. Sebagian lain ditulis sebagai tanggapan terhadap konsep-konsep pendidikan yang tengah berkembang.

Beberapa hal yang hendak penulis kaji dalam buku ini, antara lain: Pertama, Pendidikan formal dalam arus utama pendidikan nasional; Kedua, “Membaca” keunggulan pendidikan non formal; Ketiga, Penganggaran dan pembiayaan pendidikan; Keempat, Aspek-aspek non dana untuk “keunggulan pendidikan”; Kelima, Pengembangan profesionalisme dan karir pengawas sekolah; Keenam, Suatu telaah tentang “akreditasi” sekolah dan perguruan tinggi; Ketujuh, Suatu tanggapan tentang ujian nasional; Kedelapan, Pendidikan di era otonomi daerah; Kesembilan, Manajemen pendidikan berbasis sekolah; dan Kesepuluh, Pendidikan berbasis masyarakat.

Kendati telah disusun seksama, penulis sadar buku ini pastinya tidak luput dari kelemahan dan kekurangan. Karena itu saran dan kritik dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan penulisan buku ini. Akhirnya, Semoga penyajian buku ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak. Amin.***

Link Download:

Isu-isu Strategis Pendidikan

One thought on “Isu-isu Strategis Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *